Search
Add Listing
  • You have no bookmark.

Your Wishlist : 0 listings

Sign In

KAMPUNG BUDAYA SINDANG BARANG

Kampung Budaya Sindang Barang terletak di daerah Tamansari Desa Pasir Eurih Kabupaten Bogor, yang dimana penduduknya mayoritas orang sunda dan kental sekali dengan kebudayaan sunda sehingga benar benar dilestarikan adat istiadat kebudayaan sunda dan setiap tahun di adakan upacara adat yang bernama “SEREN TAUN” yang artinya uangkapan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan panen tahun ini dan semoga tahun depan lebih baik lagi.

Kampung Budaya ini merupakan desa tertua di Bogor dan di percaya terdapat kerajaan bernama SINDANG BARANG dan ibu kota nya bernama KUTABARANG dan berkembang budaya upacara adat yang bernama “SEREN TAUN” adapun itenerari Seren Taun Sindangbarang

26 oktober 2022 : pukul 19.30 upacara netepken adalah upacara ritual dimulainya seren taun dengan meminta izin kepada leluhur dan Tuhan YME agar diberikan keselamatan, kesehatan dan keberkahan. Semua bahan-bahan makanan yang akan dimasak diberi doa oleh kokolot.

27 oktober 2022: pukul 08.00 upacara ngembang yaitu ziarah kemakam leluhur yang terletak di gunung SALAK dan desa sekitarnya.

Pukul 14.00 Munday yaitu acara menangkap ikan ramai ramai antara warga dan kokolot kampung.

28 oktober 2022 ; pukul 14.00 ngala cai kukulu yaitu upacara mengambil air suci dari 7 sumber mata air.

Pukul 19.00 upacara ngangkat yaitu upacara ritual seren taun ditutup dengan doa.

29 oktober 2022 : Pukul 08.00 sedekah kue ,kue dari sumbangan warga sebanyak 40 tampir dikumpulkan dilapangan Kampung Budaya lalu nama semua leluhur disebutkan dan dikirim doa setelah itu kue-kue tersebut diperebutkan oleh warga. Pukul 15.00 penampilan kesenian gendang penca di lapangan bola sindang barang. Pukul 16.00 kesenian parebut seeng. Pukul 19.00pemampilan kesenian sunda 7 tarian. Pukul 20.30 musik akustik oleh anak-anak muda sindang barang. Pukul 21.30 wayang golek.

30 oktober 2022: Pukul 08.00 pembawa padi, pembawa air suci 7 mojang, para kokolot, rombongan kesenian dan tandu hasil bumi dari warga bergerak menuju Kampung Budaya Sindang Barang. Setibanya di Kampung Budaya padi hasil panen diberi doa terlebih dahulu sebelum dimasukan kedalam lumbung dan sebelum itu diberi doa dan dicipratkan air suci . Kemudian prosesi memasukan padi ke dalam lumbung, tandu hasil bumi diberi doa oleh kokolot lalu diperebutkan oleh warga.

Adapun tampilan kesenian sunda antara lain : 7 macam tarian , kesenian reog, kendang penca, dan parebut seeng.

Nah silahkan berkunjung dan memtuhi protokol kesehatan. Yang beralamatkan di Jalan Endang Sumawijaya Rt 02/08 Sindang Barang,Dukuh Menteng,Desa Pasir Eurih kecamatan Tamansari, Pasir Eurih Kabupaten Bogor .

Fasilitas nya antara lain: area parkir , mushola, toilet, aula pertemuan, penginapan.

Prev Post
KOPI KLOTOK CISARUA
Next Post
Bendungan Katulampa

Add Comment

Your email is safe with us.

0
Close

Your cart

Tidak ada produk di keranjang.